Pengertian manajemen menurut para ahli bermacam-macam, manajemen sendiri umum adalah sekumpulan proses guna mencapai tujuan bersama dengan karyawan yang dimiliki organisasi. Manajemen juga bisa diartikan sebagai bagian dari pekerjaan yang melalui kerja sama tim, yang memiliki kemampuan melihat totalitas juga integritas di bagian yang memisahkan satu naungan visi dan juga seni manajemen.

Manajemen berasal dari kata Yunani kuno yaitu management, yang artinya seni dan mengatur. Adapun Pengertian manajemen menurut para ahli bisa dilihat dari penjelasan berikut ini :

  • Manullang

Menurut Manullang manajemen adalah seni pencatatan, penyusunan, pengorganisasian,  pengarahan, pengawasan terhadap sumber daya manusia guna mewujudkan tujuan bersama.

  • James AF Stoner

Beliau berpendapat bahwa manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian dan penggunaan semua sumber daya dalam sebuah organisasi.

  • Henry Fayol

Didalam buku manajemen karya Henry, didalamnya dijelaskan bahwa manajemen adalah proses yang didalamnya terdapat perencanaan, pengorganisasian, penggerakan sumber daya manusia juga pengendalian dalam rangka untuk mencapai tujuan.

  • Wilson Bangun

Menurut Wilson manajemen adalah rangkaian kegiatan yang dikerjakan oleh setiap anggota organisasi mencapai tujuan.

  • John D Millet

Manajemen adalah proses dalam memberikan arahan kepada orang-orang yang ada diorganisasi agar tercapai tujuan bersama.

  • George R Terry

Yaitu kegiatan yang melibatkan para pemimpin orang-orang kea rah tujuan organisasi yang nyata.

  • Marry Parker Follet

Pengertian manajemen adalah seni, yang mana pekerjaan sehari-hari yang bisa dilengkapi oleh orang lain.

Dan masih ada banyak lagi pengertian dari manajemen dari beragam sumber, dari pengertian diatas maka bisa diambil kesimpulan bahwa manajemen memiliki peran yang sangat penting dalam pencapaian tujuan yang ada di organisasi. Ada beberapa fungsi manajemen juga yang harus diketahui, pertama sebagai planning atau perencanaan, dan segala sesuatu yang direncanakan biasanya memiliki keberhasilan yang lebih. Selanjutnya ada organizing atau pengorganisasian. Ketiga ada actualing atau pengarahan untuk mencapai tujuan, dan yang kelima ada controlling atau pengendalian. Dengan adanya fungsi maka tujuan mudah dicapai.