Bayangkan saat berenang bersama di kolam renang umum atau berenang di kolam tenang pribadi, rekan berenang kita pipis di tempat. Padahal kolam renang full dengan air, jadi air seni akan bercampur aduk di air dan menyebar ke seluruh bagian kolam renang. Seharusnya buang air kecil itu di toilet, karena air seni itu kotoran. Untuk itulah perawatan kolam renang harus diperhatikan. Menggunakan jasa kontraktor kolam renang adalah solusi terbaiknya.

Bagi pemilik kolam renang umum maupun pribadi, harus selalu menguras atau membersihkan kolam renang usai digunakan. Jangan membiarkan air bekas berenang begitu saja, karena kotoran yang tertinggal seperti cairan air seni, akan mengontaminasi lingkungan sekitar kolam renang. Bisa menimbulkan bau atau menimbulkan iritasi kulit jika kita menggunakannya lagi untuk berenang. Berikut adalah fakta-fakta tentang pipis saat berenang di kolam renang:

  1. 19% orang dewasa mengakui bahwa mereka sering buang air kecil di kolam renang. Dengan percaya dirinya, mereka pipis di kolam renang karena mengandalkan kandungan klorin yang ada di dalam air kolam renang. Klorin ini menjadi zat yang memang sengaja ditambahkan pada air kolam renang untuk membunuh bakteri yang ada pada air seni. Bahkan para atlet renang handal pun sering pipis di kolam renang.
  2. Ada zat cyanogen chlorin yang kan muncul dari hasil interaksi antara senyawa nitrogen pada air seni dan nitrogen pada klorin. Zat ini akan membuat mata pedih saat berenang serta membuat pernapasan sesak atau asma. Tetapi level atau kandungan zat cyanogen chlorin di dalam air kolam renang ini tidak berbahaya, dibuktikan dengan penelitian dari World Health Organization. Namun jika terlalu sering berinteraksi dengan zat ini, bukan tidak mungkin akan timbul penyakit berbahaya. Sebelum menggunakan jasa kontraktor kolam renang, kita bisa melakukan konsultasi tentang senyawa klorin yang ditambahkan ke air kolam kepada para kontraktor. Di mana memang kontraktor pembuat kolam renang ini bukan hanya melayani pembangunan kolam renang saja, tetapi juga melayani konsultasi terkait kolam renang.
  3. Baik kolam renang umum maupun pribadi, semuanya tercemar air seni saat dipakai berenang. Tidak bisa dibayangkan kumpulan dari air seni yang berbeda dari orang yang berbeda berbaur jadi satu. Efeknya akan sangat buruk bagi tubuh

 

Membangun kolam renang bukan hanya sekedar membangun dan menggunakannya. Diperlukan perawatan yang baik dan benar agar kolam renang aman, bersih, dan sehat. Para kontraktor kolam renang akan memberikan pendampingan informasi sesuai dengan yang kita butuhkan.